Thursday 7 January 2016

Trik & Tips Menghasilkan Foto Berkualitas

Mendapatkan hasil foto yang kurang bagus terus-menerus memang tidak jarang membuat kita frustasi. Setiap tempat sudah kita coba untuk menghasilkan karya yang berkualitas, namun kita belum juga puas dengan hasil karya kita sendiri. Berikut ini saya tuliskan beberapa trik dan tips menghasilkan foto berkualitas yang tentunya akan membantu kita mendapatkan hasil foto yang kita inginkan, berikut tipsnya :
Memposisikan Subyek Yang Akan Kita Potret
Hal yang terlihat sepele seperti ini akan menjadi hal yang sangat penting bagi kita untuk kita ketahui saat kita akan melakukan pemotretan terhadap suatu obyek. Kesalahan penempatan posisi obyek akan menjadikan gambar yang dihasilkan akan relatif membosankan dan kurang menarik. Penempatan focal point pada titik persimpangan, justru akan memberikan komposisi yang lebih menarik mengingat secara naluriah kita akan menuju titik-titik tersebut.
Usahakan Dengan Cara Sesederhana Mungkin
Obyek yang terlalu memenuhi frame malah akan membuat gambar tersebut terlihat membosankan, bahkan tidak menarik. Usahakan untuk tidak memilih banyak obyek didalam foto kita. Foto yang terlihat sederhana justru akan mampu menarik seseorang untuk menikmatinya. Cobalah untuk memasukan tidak lebih dari tiga warna pada foto kita, dan pastikan juga bahwa background tidak memiliki obyek lain yang kiranya akan merubah atau mengalihkan perhatian para penikmat foto dari subyek utama kita.
Focal Point Pada Foreground
Penyertaan obyek yang menarik pada foreground akan membuat foto menjadi terlihat lebih menarik lagi. Hal ini akan membuat penikmat dapat melihat secara keseluruhan gambar serta obyek utama yang terdapat pada foto kita. Kita dapat menambahkan atau mencari garis pemandu semacam jalan setapak ataupun pagar untuk mengarahkan penikmat pada foto ke area yang sentral.
Trik & Tips Menghasilkan Foto Berkualitas
Berkeliling Menentukan Angel
Hasl jepretan yang berbeda dari umumnya akan dapat kita hasilkan, jika kita mau melakukan hal-hal yang tentunya jarang dlakukan oleh orang lain. Hal tersebut misalnya dengan menggunakan angel yang berbeda-beda disetiap jepretan. Kita dapat memotret dengan cara berbaring untuk mnghasilkan gambar yang terkesan dramatis, atau dengan memotret dari posisi atau angel yang lebih tinggi dari obyek yang akan dipoteret. Dan dari semua jenis angel tersebut biasanya jarang dlakukan oleh fotografer lain, sehingga akan menjadikan hasil karya kita akan mempunyai perbedaan yang sangat mencolok dengan hasil karya fotografer lain.
Membatasi Jumlah Jepretan
Ada baiknya jika kita menyeleksi terlebih dahulu frame yang akan ambil, dan membatasi jumlah pengambilan foto yang terlalu banyak.

No comments:

Post a Comment