Thursday 7 January 2016

Tips Memilih Lensa Buat Pemula

Lensa yang baik buat kita tergantung banyak faktor. Faktor seperti merek kamera, model kamera, jenis fotografi kita sering lakukan, dan preferensi kita terhadap kebutuhan secara spesifik seperti untuk keperluan fotografi makro, lanskap, atau kategori lainnya. Bagi kita, khususnya pemula, biasanya cukup kesulitan dalam memilih lensa yang akan digunakan. Berikut panduan / tips memilih lensa DSLR secara sederhana.
Dari sekian banyak pilihan lensa, kita coba memberikan sedikit gambaran mengenai beberapa pilihan lensa yang cocok buat pemula. Kita bagi dalam beberapa jenis lensa DSLR yaitu lensa fixed standar, lensa zoom standar, dan lensa tele standar.
Lensa fixed standar 50mm/f1.8 merupakan pilihan pertama. Lensa ini sangat ringan, kompak, dan cukup murah. Kita bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp. 1,1 jutaan. Kita bisa menggunakan lensa tersebut untuk banyak hal dan hasilnya juga memuaskan. Lensa tersebut juga bekali dengan bukaan rana 1.8 sehingga kita bisa manfaatkan untuk membuat foto dengan bokeh yang maksimal, terutama pada saat memotret portrait/potret.
Sebuah lensa zoom standar yang sebaiknya kita miliki adalah Canon EF 28 – 135mm f/3.5-5.6 IS USM. Harga lensa Canon tersebut sekitar Rp. 5,6 jutaan. Jika Anda pengguna nikon, Anda dapat menggunakan Nikon AF-S 18-105MM F/3.5-5.6G ED DX VR. Harga lensa Nikon tersebut sekitar Rp. 3,7 jutaan. Lensa-lensa tersebut akan memberikan rentang yang baik tanpa terlalu rumit untuk bergerak menyesuaikan posisi dan jarak kita dengan obyek yang akan kita foto.
Sebuah lensa tele yang memungkinkan kita untuk memperbesar obyek yang jauh juga sebaiknya kita punya sebagai koleksi awal kita sebagai pemula.Lensa tele Canon Canon EF 70-300mm f/4-5.6 IS USM adalah pilihan yang baik untuk kita punyai sebagai lensa tele kita. Harganya lensa tersebut sekitar Rp. 6,9 jutaan. Sedangkan untuk Nikon, lensa tele Nikon AF-S 70-300mm f/4.5-5.6G IF ED VR merupakan pilihannya. Harganya sekitar Rp. 6,1 jutaan.Kedua lensa tersebut sudah dilengkapi dengan image stabilizer. Kode IS untuk Canon dan VR untuk Nikon. Sebagai tambahan, sebaiknya kita selalu menggunakan tripod jika kita menggunakan lensa tele pada saat memotret. Getaran sedikit saja pada tangan kita, efek yang ditimbulkan akan sangat terasa jika kita menggunakan lensa tele.

No comments:

Post a Comment