Thursday 7 January 2016

Pentingnya Fungsi Background Dalam Sebuah Foto

Background menjadi hal yang sangat penting dan sebaiknya selalu ada dalam sebuah foto yang kita buat. Background mempunyai peranan yang sangat sentral dalam hal ini. Dengan background, semua subyek foto apapun bisa menjadi terlihat lebih menarik. Sebaliknya subyek foto sebagus apapun jiika tidak memiliki background yang bagus akan terasa membosankan hambar atau datar jika dilihat. Background pada foto menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya, itu sebabnya terkadang kita sering merasa mudah ngantuk dan bosan jika melihat foto yang memiliki background jelek atau bahkan tidak memiliki background sama sekali. Itulah sebab pentingnya fungsi background dalam sebuah foto.
Coba kita amati, sebuah foto patung yang memiliki warna perak atau dari bahan dasar marmer putih yang ditempatkan dengan background bernuansa gelap akan kelihatan jauh lebih indah, gagah, dan menarik jika dibandingkan dengan sebuah patung perak atau putih yang ditempatkan dengan background yang tidak memiliki warna kontras dengan warna perak atau warna putih tersebut. Apalagi jika pencahayaannya juga tidak diatur untuk memberikan kesan kontras, menarik, dan dramatis, tentu akan terlihat sangat membosankan.
Untuk itu, jangan pernah meremehkan arti dan fungsi background dalam sebuah foto, karena background menjadi salah satu kekuatan sebuah foto untuk menarik seseorang untuk melihatnya. Background dapat membuat foto kelihan menjadi lebih menarik, begitu juga sebaliknya. Saat ini banyak sekali aplikasi pengolah foto yang dapat kita temui, diantaranya adalah Adobe Photoshop. Dengan bantuan aplikasi ini, kita dapat mengedit foto suatu objek sesuai dengan yang kita inginkan untuk membuat foto menjadi kelihatan lebih menarik.
Dengan sedikit sentuhan, foto yang sebelumnya terasa membosankan jika dilihat, dapat berubah menjadi foto yang menarik bagi kita. Salah satu tool yang mungkin sering kita gunakan adalah “Gradient”. Dengan tool Gradient ini kita bisa mengubah foto suatu objek yang mempunyai tingkat kontas yang buruk dengan backgroundnya, menjadi foto yang jauh lebih menarik dengan gradiasi dua warna atau lebih diantara background dengan subyek fotonya.
Selain tool Gradient, masih banyak sekali tool lainnya yang dapat kita gunakan untuk memberikan sentuhan pada foto sehingga dapat membuat foto menjadi semakin menarik. Sentuhan akhir yang baik pada suatu foto akan menghasilkan foto yang baik dan menarik.

No comments:

Post a Comment