Thursday 7 January 2016

Pentingkah Pemakaian Lens Hood pada Saat Memotret ?

Lens hood adalah aksesoris lensa yang berfungsi mengurangi cahaya dari samping yang masuk ke lensa. Tentunya diluar area foto yang kita ambil. Lalu seberapa pentingkah pemakaian lens hood pada saat memotret? Mari kita pelajari mengenai kegunaan atau manfaat dari lens hood.
  1. Mencegah terjadinya flare lensa / lens flare.
    Tujuan utama menggunakan lens hood adalah mencegah terjadinya flare lensa pada foto kita. Flare lensa adalah pantulan sinar matahari atau sumber cahaya kuat lain yang jatuh di depan lensa dan menghasilkan suatu pantulan cahaya berbentuk bulatan pada hasil foto kita. Walaupun dalam beberapa kasus tertentu flare lensa dapat membuat suatu foto menjadi lebih indah, tetapi kebanyakan flare lensa dihindari karena akan membuat foto menjadi tidak indah. Flare lensa sering terjadi ketika memotret suatu benda-benda dan ada sinar kuat, baik sinar matahari atau bukan, yang jatuh mengenai ujung lensa kita walaupun sumber sinar tersebut tidak masuk dalam jendela bidik (viewfinder) kita. Untuk menghindari hal tersebut, maka kita gunakan lens hood.
  2. Meningkatkan kontras foto.
    Penggunaan lens hood dapat meningkatkan kontras foto yang kita ambil. Sinar yang kuat jika berada searah depan lensa juga bisa menyebabkan pancaran yang terlalu terang, walaupun belum tentu berakibat terjadinya flare lensa. Foto akan menjadi tampak datar karena batasan perbedaan kontras menjadi tipis. Oleh sebab itu, lens hood menjadi sangat diperlukan disini.
  3. Menjadi pelindung lensa kamera.
    Dengan adanya lens hood di depan lensa kamera, secara otomatis menjadi pelindung lensa jika terjadi benturan secara tidak sengaja karena posisi lens hood yang lebih maju. Biasanya kita menggunakan tutup lensa sebagai pelindung jika sedang tidak digunakan, tetapi lens hood tetap bisa berguna sebagai pelindung walaupun kita sedang menggunakannya. Dan hal tersebut menjadi sangat berguna manakala kita sering berburu foto candid. 
Selain beberapa keuntungan diatas, pemakaian lens hood juga ada kekurangannya. Pemakaian lens hood dapat menyebabkan vignette dan juga ketidaknyamanan pada saat penggunaan.
  1. Menyebabkan terjadinya vignette.
    Vignette adalah adanya warna gelap/hitam yang timbul pada ujung-ujung foto. Hal ini terjadi jika lens hood yang kita pakai terlalu panjang sehingga menghalangi sinar pembentuk foto. Jadi, bukan hanya sinar yang tidak perlu saja yang terhalang, tetapi juga sinar yang seharusnya diperlukan sensor kamera pada saat perekaman. Jadi perhatikan kecocokan panjang lens hood dengan lebar sudut maksimal lensa kamera kita.
  2. Kurang nyaman pada saat pemakaian.
    Kita akan merasa kurang nyaman pada saat memasang dan melepaskan lens hood pada saat memotret, apalagi jika hanya beberapa foto saja yang kita ambil. Selain itu, jika lens hood dan lensa kamera kita cukup besar, tentu akan memakan banyak ruang di dalam tas kita.
Jika lens hood yang kita beli bukan merupakan paket dari lensa yang kita pakai, sebaiknya cek dan tes terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan lens hood tersebut tidak menyebabkan vignette. Ingat bahwa vignette tidak akan begitu tampak jika kita memotret dalam jarak dekat dan tidak begitu banyak cahaya, jadi pengetesan dilakukan dengan memotret sesuatu yang jauh dan tentunya pada tempat yang cukup banyak cahaya. Pastikanaperture berada pada posisi terbesar (dengan f-number terkecil) dan posisi focal length terkecil (dengan angka mm terkecil). Kemudian lakukan lagi hal yang sama dan pada tempat yang sama tetapi tanpa menggunakan lens hood. Jika hasil fotonya sama maka lens hood tersebut cocok digunakan pada lensa yang kita pakai. Selain itu, kode-kode lens hood biasanya sudah ada panduannya terkait kecocokan penggunaannya terhadap lensa apa aja. Terlepas dari kedua kekurangan tersebut, secara umum lens hood banyak memberikan kita keuntungan pada saat kita memotret.

No comments:

Post a Comment