Thursday 7 January 2016

Mengenal Ukuran-ukuran Sensor Kamera DSLR

Sensor kamera digital merupakan jantungnya sebuah kamera yang kita miliki. Sensor memiliki peranan yang sangat penting bagi kamera, sehingga sangat perlu bagi kita untuk bisa memahami dan menjaga kualitasnya. Peran mendasar yang dimiliki oleh sensor pada sebuah kamera, akan sangat menentukan bagaimana kamera digital kita akan bekerja. Semakin baik kualitas sensor yang kita miliki, maka hasil gambar dari kamera akan semakin berkualitas. Untuk itu pemahaman kita terhadap ukuran-ukuran sensor kamera DSLR akan sangat membantu kita dalam menggunakan kamera kita.
Sensor yang terdapat dalam suatu kamera memiliki ukuran yang bermacam-macam, salah satunya adalah full-frame yang sama ukurannya dengan frame film 35mm. Mengetahui besarnya ukuran sensor pada suatu kamera menjadi hal yang sangat penting bagi kita, alasannya adalah sebagi berikut :
  1. Ukuran suatu sensor akan sangat menentukan focal length lensa yang digunakan pada kamera kita.
  2. Semakin besar ukuran sensor yang kita gunakan, maka hasil gambar dari kamera tersebut akan semakin berkualitas juga, karena jumlah pixel yang lebih besar akan menghasilkan noise yang lebih sedikit. Oleh karena itu, gambar yang memiliki ukuran pixel lebih besar akan terlihat jauh lebih jelas dan terang.
  3. Semakin besar ukuran sensor pada sebuah kamera, maka harganya akan semakin mahal.
  4. Sensor yang lebih kecil lebih berpeluang besar untuk memberikan Depth of Field jika dibandingkan kamera yang memiliki ukuran sensor lebih besar. Dan hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.
  5. Kamera yang memiliki ukuran sensor lebih besar, maka akan menghasilkan viewfinder yang tentunya lebih besar juga.
Sensor full-frame pada kamera dapat kita temukan pada kamera dengan model semi-pro dan pro. Kamera dengan resolusi dengan full-frame memiliki merupakan kamera dengan resolusi yang dapat dikatakan sangat tinggi. Sementara itu kamera yang terkenal akan resolusinya yang tinggi diantaranya adalah Canon EOS-1Ds Mk III yang memiliki resolusi sebesar 21,1 juta pixel, Nikon D3X dengan 24,5 juta pixel, dan Sony Alpha 900 yang yang memiliki resolusi 24,6 Megapixel.
Kamera Canon EOS-1D menggunakan sensor APS-H, dimana dengan sensor yang dimilikinya membuat kamera ini sangat cocok untuk fotografer sport dan wildlife yang tentunya membutuhkan fungsi ekstra dari sensor yang berukuran kecil. Sementara itu sensor yang paling banyak digunakan oleh fotografer profesional adalah sensor jenis APS-C. Sensor yang satu ini bisa kita temui di banyak kamera tipe DSLR, bahkan pada kamera CSC Sony dan Samsung. Sedangkan sensor Four-Third merupakan sensor terkecil dari sensor yang ada.
Berikut ini merupakan ukuran-ukuran sensor kamera DSLR yang sering kita gunakan :
  • Full Frame: 36x24mm
  • APS-H: 28.7×19.1mm
  • APS-c: 23.6×15.5mm (Nikon, Pentax, Sony)
  • APS-C: 22.3×14.9mm (Canon)
  • Four-Thirds: 17.3x13mm
  • Nikon CX-Format: 13.2×8.8mm
  • PentaxQ: 6.17×4.55mm

No comments:

Post a Comment