Thursday 7 January 2016

Tips Merawat Kamera dan Lensa DSLR

Tips dalam merawat kamera dan lensa digital seperti halnya merawat barang elektronik lainnya karena sama-sama memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau kita ceroboh dalam menggunakannya. Jadi, kita harus memberikan perawatan ektra pada kamera dan lensa-lensa kita.


 Ada beberapa tips yang bisa saya berikan dalam hal perawatan kamera dan lensa DSLR.

Tips Merawat Kamera DSLR

  1. Simpan kamera dalam dry box atau dry cabinet bila sedang tidak dipakai. Kelembaban yang cukup tinggi, dapat menyebabkan timbulnya karat dan jamur pada kamera. Lengkapi dengan silica gell.
  2. Selalu bersihkan kamera setelah kita memakainya. Jangan tinggalkan bercak air atau minyak. Lap dengan menggunakan kain khusus atau tissue khusus. Apalagi jika kita sehabis menggunakannya didaerah pantai. Uap air laut dapat mempercepat terjadinya karat.
  3. Batere lithium-ion biasanya bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut, jika sudah waktunya harus diganti, gantilah. Batere yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada kamera juga. Jika kamera sedang tidak dipakai, ada baiknya batere dikeluarkan dari kamera.
  4. Memory card atau kartu memori juga ada baiknya dikeluarkan dari kamera jika kamera sedang tidak dipakai. Simpan dan tempatkan pada kotak khusus tersendiri.
  5. Gulung strap kamera jika Anda tidak ingin melepaskannya.
  6. Jika kamera sedang Anda pakai keluar, jangan tinggalkan di mobil. Apalagi jika kondisinya sedang diparkir dan terkena sinar matahari langsung. Panas yang tinggi dapat mempercepat kerusakan kamera.

No comments:

Post a Comment