Thursday 7 January 2016

Tips Memilih Tripod

Buat para pecinta fotografi, tripod merupakan jenis penyangga kamera/camera standyang paling banyak digunakan dibandingkan jenis yang lain. Seperti halnya perlengkapan fotografi yang lain, tripod juga mengalami banyak perkembangan. Hanya saja tidak secepat atau seheboh kamera dan lensa DSLR. Selain dari sisi material, perkembangan tripod juga pada model kaki maupun kepala tripod / tripod head.
Fungsi tripod yang utama adalah menyangga kamera atau sebagai dudukan kamera pada saat kita memotret sehingga foto tidak kabur. Walaupun sekarang sudah ada fitur Image Stabilization (IS) pada kamera atau lensa tetapi tetap tidak akan bisa nggantikan fungsi tripod sepenuhnya. Jadi, untuk memaksimalkan karya foto kita, tripod merupakan alat bantu yang wajib kita punyai.
Lalu, tripod yang bagaimanakah yang cocok untuk kebutuhan kita? Ada beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan ketika akan membeli tripod, berikut beberapa tips memilih tripod yang bisa dijadikan panduan dalam membeli tripod.

Berat Tripod

Apakah tripod akan kita bawa travelling atau hanya kita gunakan di studio atau di rumah? Tripod yang lebih berat tentunya akan memberikan stabilitas yang lebih baik dibandingkan yang ringan. Hanya saja jika tripod yang kita beli akan digunakan untuk travelling, lebih baik memilih tripod yang ringan. Kita bisa memilih tripod dari aluminium atau carbon fiber. Akan tetapi jika kita menggunakan tripod di rumah saja atau di studio, kita bisa memilih tripod yang lebih berat.

Kapasitas Beban

Berapa beban maksimum yang kita inginkan? Sebelum membeli tripod kita harus tahu berapa berat dari peralatan fotografi kita. Kita bisa menghitung beban total dengan menjumlahkan berat bodi kamera, lensa terberat yang kita punya, flash, dan asesoris lain yang kemungkinan kita pakai serta kepala tripod/tripod head-nya (jika kaki tripod terpisah dengan kepala tripod). Tripod yang kita beli harus mempunyai kapasitas diatas beban maksimal tadi. Kita bisa melihat kapasitas maksimal tripod pada lembar spesifikasi teknis.

Kepala Tripod / Tripod Head

Kepala tripod / tripod head biasanya terpisah dari kaki tripod / tripod leg. Namun ada juga yang jadi satu antara kepala tripod dan kaki tripod (built-in). Keuntungan kita dengan menggunakan kepala tripod terpisah adalah kita bisa mengganti kepala tripod dengan kepala tripod yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kita.

Kolom Tengah

Beberapa jenis tripod memiliki kolom tengah di bagian atasnya, ada yang hanya ditarik saja, ada juga yang memakai roll. Kolom ini memang bisa digunakan untuk menyesuaikan ketinggian kamera tanpa merubah posisi kaki tripod. Namun jika kita gunakan semakin tinggi dapat mengurangi kestabilan kamera pada saat kita pakai untuk memotret.

Tinggi Tripod

Sesuaikan ketinggian tripod dengan ketinggian kita. Seberapa nyaman kita bisa memotret. Tripod memang tersedia dengan bermacam ketinggian maksimum. Makin besar tinggi maksimum tripod, semakin banyak kondisi dan situasi pemotretan yang bisa dicover.

Jumlah Segmen Kaki

Jumlah segmen (potongan) kaki sebuah tripod bisa dua, tiga atau empat. Semakin banyak segmen kaki tripod, semakin kecil kaki tripod yang berapa pada bagian paling bawah. Tentu hal tersebut mengurangi kestabilan/kekokohan tripod tersebut. Keuntungan segmen banyak adalah bentuknya yang ringkas sehingga kita mudah membawanya.

Lebar Maksimal Kaki Tripod

Kaki tripod ada yang bisa direntangkan secara penuh dan ada pula yang terbatas. Dari bentuknya kita sudah bisa mengetahuinya. Jika kaki tripod ada segmen pengaku/tie-in berarti rentangan kaki tripod tersebut terbatas. Sedangkan tripod yang tidak mempunyai segmen tersebut berarti bisa direntangkan secara penuh. Tripod dengan segmen pengaku baik digunakan pada lokasi yang cukup datar, sedangkan tripod tanpa segmen lebih cocok untuk tempat yang kurang datar atau berkontur miring atau tidak beraturan.

Gantungan Beban

Ada beberapa tripod yang dilengkapi sebuat kait pada sisi bawah dari kolom tengah. Kita bisa menaruh beban tambahan untuk menambah kestabilan tripod pada saat digunakan. Cukup efektif jika kita sedang memotret pada saat kondisi berangin. Jika fitur ini sangat membantu, ada baiknya kita memilih tripod yang ada fitur tersebut.

No comments:

Post a Comment