Thursday 7 January 2016

Tips Memotret Model dari Beberapa Angle

Fotografi saat ini sudah menjadi suatu karya yang sangat populer baik dikalangan seniman, artis, bahkan masyarakat biasa. Kualitas kamera yang bagus, membuat seseorang semakin tertarik untuk menekuni dunia fotografi. Hasil karya yang indah tidak selamanya dihasilkan dari objek yang indah pula, tetapi cara pengambilan foto juga sangat mempengaruhi hasil jepretan dari sang fotografer. Keadaan objek yang tidak terlalu indah dan kurang menarik, dapat mengasilkan gambar yang lebih menarik jika proses pengambilan dilakukan dengan cara yang baik. Fotografer yang profesional terkesan selalu menghasilkan hasil karya yang bagus dan indah, itu terjadi karena mereka memiliki beberapa trik yang mungkin tidak dimiliki oleh seorang fotografer pemula seperti kita.
Kebanyakan fotografer, mereka lebih suka memotret landscape daripada memotret model yang notabenenya adalah saudara, teman, atau non profesional model. Hal tersebut sangat sering terjadi, karena fotografer harus memberikan instruksi bagaimana mereka harus berpose. Berikut ini saya tuliskan beberapa tips memotret model yang biasa dilakukan oleh seorang fotografer profesional terutama dalam memilih angle dan pose saat memotret model :
Posisi Angel Tinggi
Gambar yang dihasilkan dari kamera dengan angel yang lebih tinggi dari model / subjek yang diambilnya akan menghasilkan gambar yang lebih menarik. Hal tersebut umumnya akan menghasilkan wajah model menjadi terlihat lebih kurus. Selain wajah dari sang model yang terlihat lebih ideal, jika diperhatikan rahang serta leher juga akan terlihat lebih jelas, tetapi kita jangan terlalu memposikin kamera terlalu tinggi, karena akan terlihat aneh.
Posisi Sudut Yang Sejajar (Eye Level)
Posisi kamera yang sejajar dengan objek akan sangat berpengaruh pada hasil jepretan kita. Layar LCD pada kamera juga memiliki perana penting dalam mereview hasil akhir dari foto kita. Jika posisi kita lebih rendah dari model yang akan kita foto, ada baiknya jika kita menggunakan tangga untuk memposisikan kamera yang sejajar dengan subyeknya.
Angel Rendah
Posisi kamera dengan angel rendah justru akan membuat hasil foto menjadi kurang menarik pada foto portrait anda, karena gambar tidak akan kelihatan lebih ramping. Posisi ini biasanya digunakan oleh kalangan pemimpin atau direktur perusahaan untuk mendapatkan kesan besar atau berkuasa dari model tersebut.

No comments:

Post a Comment