Thursday 7 January 2016

Apa Itu Bokeh


Apa itu bokeh? Bokeh atau boke berasal dari bahasa Jepang yang artinya “mengaburkan”. Istilah bokeh dalam fotografi adalah efek kabur / tidak fokus /unfocused yang dihasilkan. Bokeh kita peroleh dengan memanfaatkan sisi terbatas dari lensa kamera dalam hal menentukan titik fokus. Sebenarnya, luas tidaknya bidang fokus dan bidang tidak fokus bisa kita atur dengan memanfaatkan bukaan diafragma lensa / lens aperture. Istilah luas tidaknya bidang fokus dalam fotografi disebut depth of field (DOF).
Bokeh dan titik fokus dimanfaatkan oleh fotografer untuk menonjolkan suatu obyek tertentu / obyek utama dengan fokus yang tajam, sedangkan latar sekitarnya dibuat kabur/blur. Coba kita lihat contoh foto berikut.

Lalu, apa tips membuat foto bokeh ?

Bokeh dapat kita peroleh dengan beberapa tips berikut :
  1. Gunakan bukaan diafragma lensa / aperture sebesar mungkin seperti f/1.2, f/1.4, f/1.8, f/2.8. Semakin besar bukaan diafragma lensa, maka semakin sempit ruang tajamnya. Sisi diluar titik fokus akan semakin kabur / blur pula.
  2. Jauhkan objek utama foto dengan latar lainnya (background maupun foreground). Efeknya adalah semakin jauh benda dari obyek utama (sebagai titik fokus), maka semakin kabur latar foto tersebut.
  3. Fotolah obyek sedekat mungkin. Tentu dengan tidak mengabaikan framing maupun komposisi yang kita harapkan. Lensa makro / macro lens akan lebih mudah mendapatkan efek bokeh dibandingkan lensa jenis lain.
  4. Gunakan panjang fokal lensa / focal length paling besar. Semakin besar panjang fokal lensa yang kita gunakan, semakin efektif dalam membuat foto bokeh.
  5. Banyak-banyaklah berlatih dan mencoba. 

No comments:

Post a Comment